Translate

Saturday, April 25, 2015

Berinvestasi yang benar dan aman

No comments
investasi emas, cara menabung yang benar dan aman
Bagi sebagian orang yang memiliki kelebihan dana, mereka cenderung berpikir bagaimana meningkatkan nilai pada dana tersebut. Sayangnya banyak sekali masyarakat awam yang terjebak oleh perusahaan keuangan yang tidak teregulasi dengan benar yang pada akhirnya berujung dengan penipuan (scam), dan ini terjadi berulang kali setiap tahunnya. Alasannya di sebabkan karena hal yang sama, yakni kurangnya edukasi masyarakat mengenai cara investasi yang benar dan aman.

Cara terbaik jika anda tidak ingin investasi pertama anda berakhir dengan tragis adalah mendidik diri sendiri. Pahami hal ini sebelum anda berinvestasi:
  1. Periksa legalitas perusahaan keuangan yang menawarkan investasi di Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Selain legalitas perusahaan tersebut, pastikan ada jaminan berupa barang atau aset berharga di tangan anda, bukan sekedar akta perusahaan atau jaminan kontrak semata. Sebab semua itu tidak akan dapat di jual kembali ketika mereka melarikan diri. Lain halnya jika anda benar-benar memiliki barang jaminan yang berharga, berarti anda tidak perlu khawatir lagi ketika perusahaan tersebut pergi meninggalkan anda.
  3. Pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan beserta faktor resiko dari jenis produk investasi akan anda beli. Bacalah kontrak investasi dengan teliti, jika tidak mengerti mintalah nasehat dari tenaga ahli atau manager investasi anda.
  4. Jangan percaya penawaran investasi yang menjanjikan keuntungan secara pasti atau tingkat pengembalian dana (return) yang terlalu tinggi. Perusahaan seperti ini di kenal dengan nama HYIP (High Yield Investment Program). HYIP umumnya menawarkan bunga di atas bunga bank rata-rata, biasanya selalu di atas 2% perhari sehingga bisa di pastikan akan berakhir dengan scam. Berpikirlah dengan jernih dan tidak serakah, itu adalah pencegahan yang cukup efektif dari hal-hal yang merugikan anda.


Bukankah menyimpan uang di bank lebih aman, lalu untuk apa menyimpan dana di tempat yang beresiko? Resikonya adalah tingkat inflasi selalu lebih besar daripada tingkat suku bunga bank, uang yang anda simpan di bank dalam jangka waktu yang lama akan berkurang nilainya. Secara singkat Inflasi adalah kenaikan harga-harga barang. Artinya, dengan jumlah uang yang anda miliki saat ini, barang yang bisa anda beli pada akhir bulan lebih sedikit dibanding pada awal bulan.

Tertarikah anda untuk berinvestasi? Pelajari selengkapnya dengan mendownload ebook di bawah ini, gratis!
Apa dan bagaimana berinvestasi?
Ket: tunggu beberapa detik (lihat timer di sudut kanan atas) sebelum anda di arahkan ke link download, lalu klik “skip ad (lewati)”. Jika link di atas tidak bekerja, gunakan link ini: Download!

Situs terkait:
  • ojk.go.id
  • bapepam.go.id
  • brokerforex.com

Jika anda tidak ingin semakin banyak orang terjebak oleh perusahaan keuangan yang tidak benar, silahkan membagikan artikel ini dengan mengklik logo media sosial di bawah ini!