Translate

Saturday, April 25, 2015

Suara Anda Mampu Mengubah Dunia

No comments
Apakah anda pernah menginginkan perubahan? baik hanya untuk di sekitar tempat tinggal anda atau mungkin untuk skala yang lebih luas di luar kehidupan anda sehari-hari seperti politik misalnya. Setiap orang pasti pernah menginginkan perubahan, setidaknya untuk kasus seperti perjuangan seorang ibu melawan bullying di sekolah putrinya, pelanggan yang mendesak bank untuk membatalkan biaya yang tidak adil, atau warga negara yang menuntut pejabat korup untuk bertanggung jawab. Sayangnya tidak semua orang memiliki sarana yang cukup untuk mengatasi masalah mereka atau memiliki kekuatan suara untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Jika anda salah satu dari orang-orang yang bermasalah, bagaimanakah pendapat anda jika saat ini kami memiliki alat ajaib yang bisa membantu masalah anda? Dahulu untuk mengumpulkan orang banyak yang memiliki kesamaan dan keperdulian untuk melakukan sebuah kampanye sangat sulit, memerlukan banyak waktu, uang, dan infrastruktur yang kompleks. Tapi saat ini teknologi telah membuat orang-orang terhubung, memungkinkan bagi siapa saja untuk memulai sebuah kampanye dan dengan segera menggalang ratusan orang lainnya secara lokal atau ratusan ribu di seluruh dunia, sehingga membuat pemerintah dan perusahaan lebih responsif dan akuntabel.

Change.org adalah platform petisi online terbesar di dunia, memberdayakan orang di mana pun untuk menciptakan perubahan yang ingin mereka lihat. Melalui change.org ada ribuan kampanye yang dimulai oleh orang-orang seperti Anda kemudian memenangkan kampanye online mereka di Change.org dan akan ada lebih banyak lagi kemenangan setiap minggunya.

petisi online, kampanye online

Bagaimana cara kerjanya?

1. Buat petisi online anda di change.org. Ada ratusan bahkan ribuan contoh petisi yang bisa anda lihat di sana.
2. promosikan petisi anda melalui media sosial atau media masa jika memungkinkan. Bahkan ada ribuan atau ratusan ribu anggota di change.org di seluruh dunia yang bisa melihat petisi anda lalu membantu untuk menandatangani petisi anda.
3. berbicara kepada pembuat keputusan petisi anda. Yang di maksud pembuat keputusan adalah orang yang bisa menyelesaikan masalah anda entah itu kepala desa, bupati, gubernur, perusahaan atau bahkan presiden, siapa saja yang memiliki wewenang untuk mengabulkan tuntutan anda.

Mengapa itu berhasil?

Setiap kali ada orang-orang yang menandatangani petisi anda, secara otomatis change.org akan mengirim email kepada pembuat keputusan untuk bertindak atau memenuhi tuntutan anda. Pemerintah, perusahaan dan individu yang menghargai reputasi mereka dan merasa bertanggung jawab kepada tetangga mereka, konstituen dan pelanggan. Ketika ada ratusan atau bahkan ribuan email tiba di inbox mereka, pesan tersebut cukup untuk membuat mereka sakit kepala hingga sulit untuk diabaikan. Bayangkan, bagaimana jika seandainya puluhan atau ratusan tetangga anda mengetuk pintu rumah anda meminta anda untuk berhenti menyalakan musik dengan keras di malam hari? Seberapa cepat akan Anda bertindak?

Change.org adalah alat yang hebat yang di rancang untuk orang-orang seperti anda dan telah teruji untuk membuat perubahan serta efektif untuk merekrut ribuan pendukung. Tidak hanya itu, sebuah petisi online bisa pula ditindaklanjuti dengan tindakan offline ketika itu belum memberikan hasil yang di harapkan seperti melakukan panggilan telepon dan konferensi pers.

Apa saja yang di butuhkan untuk memulai petisi di change.org?

Anda hanya membutuhkan alamat email satu atau lebih orang/perusahaan pembuat keputusan. Apakah anda sudah siap memulai petisi pertama anda?

Mulailah dari sini! Change.org
Ket: tunggu beberapa detik (lihat timer di sudut kanan atas) sebelum anda di arahkan ke situs utama, lalu klik “skip ad (lewati)”.
Cucu Saidah pelanggan maskapai Garuda Indonesia yang mendapat perlakuan diskriminatif. Karena memakai kursi roda, setiap mau terbang ia diminta menandatangani surat yang menyatakan apapun yang terjadi di pesawat, bukan tanggungjawab maskapai. Ia kesal atas diskriminasi ini. Cucu pun memulai petisi yang langsung mendapat dukungan 1761 orang. Esoknya, Garuda menemui Cucu, menyatakan maaf. Setelah itu, Garuda pun mengubah pelayanannya dan tidak lagi bersikap diskriminatif terhadap penyandang disabilitas.

Sekolah Master atau Masjid Terminal di Depok bertahun-tahun membina 3000an anak jalanan, GRATIS! Mereka melahirkan siswa berprestasi yang banyak meraih beasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Saat keluar masterplan Pemerintah Kota Depok yang akan menjadikan lokasi sekolah menjadi terminal terpadu, apartemen, dan pusat perbelanjaan. Sekolah Master pun menggerakan masyarakat dan memulai mengajukan petisi kepada Pemerintah Depok. Berhasil, mereka pun memperoleh jaminan: Pemkot Depok mambatalkan penggusuran Sekolah Master!
Bom meledak-ledak di laut Pulau Mentawai, Sumatera Barat. Orang luar pulau datang mengambil ikan dengan bom dan merusak terumbu karang. Merasa penghidupan nelayan Mentawai terancam dan lingkungan dirusak, Aliansi Masyarakat Mentawai memulai petisi dan berhasil meraih 7.161 tandatangan dan didukung tokoh-tokoh internasional seperti mendiang Paul Walker, dan pemilik Virgin, Sir Richard Branson. Kementrian Kelautan dan Perikanan bereaksi cepat.Terakhir, nelayan luar yang mencoba melakukannya lagi, ditangkap dan diadili.

Petisi ini digagas oleh penyanyi Melanie Subono. Bermula dari candaan calon hakim agung M. Daming saat mengikuti seleksi hakim agung di DPR yang menyebutkan “Yang memperkosa dan diperkosa sama-sama menikmati kok.” Tidak terima dengan pernyataan Daming, Melanie langsung menyusun petisi mendesak DPR tidak meloloskan Daming sebagai hakim agung. Akhirnya dengan 11.018 tanda tangan tidak satu pun anggota Komisi III DPR RI mendukung Daming.
sumber: www.tempo.co

Jika anda merasa ini bermanfaat, bersediakah anda meluangkan waktu hanya beberapa menit untuk menshare artikel ini? Mungkin saja ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan informasi ini, ketika mereka melihat ini dari anda, tentu saja mereka akan sangat berterima kasih.